Monday, January 8, 2018

Peta Topografi

Peta Topografi

Apakah yang dimaksud dengan peta topografi?
Sumber: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/e9/
Bryce_Canyon_Swamp_Canyon_Trail_topography.jpg
Peta topografi adalah peta yang isinya memberikan gambaran mengenai kondisi permukaan bumi di daerah tertentu dengan teliti, sejauh skalanya memungkinkan. Maksud dari “penyajian peta dengan teliti sejauh skalanya memungkinkan” adalah tidak semua objek di permukaan bumi dapat digambarkan dalam peta. Apabila terdapat objek yang berukuran kecil, maka tidak akan dapat terlihat saat digambarkan dalam peta yang skalanya kecil. Jadi, meskipun penggambaran peta topografi dilakukan dengan sangat teliti, namun tidak dapat mencakup semua objek yang ada di permukaan bumi. Objek-objek yang tergambar dalam peta topografi disajikan dengan posisi yang sesungguhnya, baik lokasi, elevasi (ketinggian tempat), dan kondisi fisiknya. Peta topografi dibuat berdasarkan hasil pengukuran langsung di lapangan dan atau berdasarkan pengolahan data pengindraan jauh (misalnya foto udara).
Peta topografi (termasuk peta Rupa Bumi Indonesia/RBI) merupakan peta dasar, yaitu peta yang dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan peta-peta tematik. Dalam peta topografi setiap objek vegetasi (tumbuh-tumbuhan), perairan, serta berbagai macam ketampakan alam dan buatan manusia disajikan sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya. Peta topografi diklasifikasikan berdasarkan skalanya, meliputi peta topografi skala besar (≥ 1 : 25.000), peta topografi skala menengah (1 : 250.000 – 1 : 25.000), peta topografi skala kecil (1 : 2.500.000 – 1 : 250.000, dan peta topografi skala sangat kecil (< 1 : 2.500.000). 

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya

Klasifikasi Sumber Daya Alam  Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya Bagaimanakah klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifat da...

Paling Banyak Dibaca