Friday, January 5, 2018

Pengertian Antroposfer

Pengertian Antroposfer

Apakah pengertian antroposfer? Mengapa dalam ilmu geografi pembelajaran tentang manusia terpisah dari pembelajaran tentang makhluk hidup (biosfer)?
Sumber: https://static.pexels.com/photos/
233303/pexels-photo-233303.jpeg
Istilah antroposfer berasal dari kata antropos dan sphere. Kata antropos berarti manusia dan kata sphere berarti lapisan. Jadi, dapat diartikan bahwa antroposfer adalah suatu lapisan (lingkungan) di permukaan bumi yang terdiri atas manusia dan berbagai macam aktivitasnya. Manusia merupakan bagian dari permukaan bumi sehingga manusia juga merupakan salah satu dari objek kajian dalam ilmu geografi. Antroposfer sebenarnya merupakan bagian dari biosfer. Manusia adalah bagian dari makhluk hidup yang ada di permukaan bumi. Akan tetapi, manusia tidak dapat disamakan dengan flora maupun fauna. Manusia memiliki akal dan pikiran yang menyebabkan cara hidupnya pun berbeda dengan makhluk lainnya. Oleh karena itu, pembelajaran tentang manusia dan berbagai macam aktivitasnya menjadi bagian terpisah di dalam ilmu geografi.
Tidak seperti flora dan fauna, kehidupan dan aktivitas manusia mencakup banyak aspek. Manusia selalu berkaitan dengan aspek ekonomi, sosial, politik, budaya, maupun teknologi dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Hal tersebut menjadikan manusia memiliki kedudukan tersendiri di permukaan bumi. Untuk membahas tentang kedudukan manusia di permukaan bumi, digunakan istilah kependudukan. Dalam studi kependudukan terdapat aspek-aspek kependudukan (komposisi penduduk, kepadatan penduduk, dan persebaran penduduk), pertumbuhan penduduk, mobilitas penduduk, serta masalah kependudukan.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya

Klasifikasi Sumber Daya Alam  Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya Bagaimanakah klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifat da...

Paling Banyak Dibaca