Friday, January 5, 2018

Pengertian Peta, Pengertian Kartografi, dan Fungsi Peta

Pengertian Peta, Pengertian Kartografi, dan Fungsi Peta

Apakah yang dimaksud dengan peta? Apa pengertian kartografi? Apa saja fungsi peta dalam kehidupan sehari-hari?
Sumber: https://pixabay.com/p-2679271/?no_redirect
Peta merupakan representasi (gambaran) unsur-unsur atau ketampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi, atau yang ada kaitannya dengan permukaan bumi, atau benda-benda angkasa, serta umumnya digambarkan pada suatu bidang datar dan diperkecil/diskalakan (ICA, 1973). Peta memiliki fungsi utama untuk menggambarkan suatu objek dan fenomena di permukaan bumi ke dalam batas pandangan manusia. Suatu peta hanya menunjukkan objek dan fenomena tertentu saja yang dipilih, sesuai dengan tujuan pembuatan. Peta dibuat dalam bidang datar sehingga mudah untuk dibawa dan digunakan untuk berbagai keperluan. Dalam peta juga terdapat hubungan matematis (meliputi jarak dan luas) antara objek-objek di dalam peta terhadap keadaan sebenarnya. Hubungan matematis tersebut dinyatakan dalam skala.
Ilmu yang mempelajari tentang peta disebut dengan kartografi. Menurut ICA (1973), kartografi adalah seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi dalam pembuatan peta, sekaligus mencakup studinya sebagai dokumen-dokumen ilmiah dan karya seni. Berdasarkan definisi tersebut, seorang pembuat peta memiliki pekerjaan merancang peta (map design), membuat isi peta (map content), mendesain simbol (symbol design), mengatur tata letak peta (map layout), dan melakukan generalisasi (generalization). Generalisasi merupakan suatu proses penyederhanaan objek-objek yang ada di dalam peta agar mudah untuk dipahami. Selain pekerjaan-pekerjaan tersebut, pembuat peta juga menjadi pemeran utama dalam mengumpulkan data, memproses data (memilih data, memasukkan data, dan mendesain peta sebaik mungkin), serta mencetak peta.
Peta tidak hanya sekadar memuat informasi dari hasil penyederhanaan suatu objek dan fenomena sebenarnya di permukaan bumi. Lebih daripada itu, peta merupakan suatu media yang baik untuk kepentingan melaporkan, memperagakan, menganalisis, dan membantu untuk memahami satu atau beberapa objek maupun fenomena secara keruangan. Peta tidak hanya digunakan dalam ilmu geografi saja, tetapi juga bidang ilmu lainnya, seperti geologi, geodesi, pertanian, kehutanan, sejarah, dan perencanaan. Banyak bidang kegiatan yang memerlukan peta, seperti pembangunan jaringan jalan, pembangunan perumahan, pembangunan sistem pengontrol banjir, dan penempatan pemancar komunikasi.
Secara umum, peta memiliki fungsi untuk menunjukkan lokasi di permukaan bumi (baik lokasi absolut maupun lokasi relatif terhadap tempat lainnya), memberikan informasi panjang, luas, dan volume, memberikan informasi penutup lahan dan morfologi, serta memberikan informasi tentang potensi suatu wilayah. Selain fungsi-fungsi yang bersifat umum tersebut, peta juga memiliki fungsi sebagai:
1.    alat untuk navigasi,
2.    dokumen ilmiah penyimpanan informasi,
3.    sumber referensi kepentingan tertentu,
4.    media untuk penekanan terhadap suatu topik,
5.    alat bantu sebelum survei,
6.    alat bantu kegiatan penelitian,
7.    alat untuk melaporkan hasil penelitian, serta
8.    alat untuk melakukan analisis terhadap suatu permasalahan.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya

Klasifikasi Sumber Daya Alam  Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya Bagaimanakah klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifat da...

Paling Banyak Dibaca