Monday, January 8, 2018

Klasifikasi Peta

Klasifikasi Peta

Bagaimana klasifikasi peta berdasarkan skala dan isinya? Apa saja jenis-jenis peta berdasarkan skala dan isinya?
Sumber: Dokumen Pribadi
Peta dapat diklasifikasikan berdasarkan skala dan isinya. Berdasarkan skalanya, peta diklasifikasikan menjadi peta kadaster, peta skala besar, peta skala sedang, peta skala kecil, dan peta skala geografis. Peta kadaster adalah peta yang memiliki skala sangat besar, yaitu antara 1 : 5.000 sampai 1 : 100. Peta kadaster umumnya merupakan peta-peta tanah pada sertifikat tanah. Peta skala besar adalah peta yang memiliki skala antara 1 : 250.000 sampai 1 : 5.000. Peta skala besar menggambarkan wilayah yang relatif sempit, seperti kelurahan, kecamatan, kota, dan kabupaten. Peta skala sedang adalah peta yang memiliki skala antara 1 : 500.000 sampai 1 : 250.000. Peta skala sedang mencakup wilayah yang agak luas, seperti kabupaten yang berukuran besar dan provinsi. Peta skala kecil adalah peta yang memiliki skala antara 1 : 1.000.000 sampai 1 : 500.000. Peta skala kecil biasanya menggambarkan wilayah negara (kecuali negara-negara yang luasnya sempit). Sementara itu, peta skala geografis adalah peta yang memiliki skala lebih kecil dari 1 : 1.000.000. Peta skala geografis menggambarkan wilayah kelompok negara (misalnya kawasan Asia Tenggara) dan benua.
Menurut International Cartographic Association (ICA), klasifikasi peta berdasarkan isinya meliputi peta topografi (termasuk peta Rupa Bumi Indonesia/RBI), chart dan peta jalan, serta peta tematik (peta dengan tema khusus). Peta topografi adalah peta yang isinya memberikan gambaran mengenai kondisi permukaan bumi di daerah tertentu dengan teliti, sejauh skalanya memungkinkan. Objek-objek yang tergambar dalam peta topografi disajikan dengan posisi yang sesungguhnya, baik lokasi, elevasi (ketinggian tempat), dan kondisi fisiknya. Chart dan peta jalan merupakan peta yang dibuat dengan tujuan sebagai alat bantu dalam melakukan navigasi darat, laut, maupun udara. Isi chart dan peta jalan mencerminkan ketampakan-ketampakan tertentu yang menarik dan mudah dipahami oleh pengguna peta. Chart dan peta jalan yang dibuat untuk kepentingan resmi harus memenuhi kaidah dan aturan tertentu. Sementara itu, peta tematik merupakan peta yang dibuat dengan tujuan atau tema khusus untuk menggambarkan fenomena dan objek tertentu di permukaan bumi.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya

Klasifikasi Sumber Daya Alam  Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya Bagaimanakah klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifat da...

Paling Banyak Dibaca