Thursday, February 1, 2018

Persebaran Flora di Dunia

Persebaran Flora di Dunia
Sumber: https://pixabay.com/id/pohon-hutan-musim-gugur-path-jejak-2363770/
 Bagaimana pengelompokan dan persebaran flora-flora yang ada di dunia?
Persebaran flora di dunia dapat dikelompokkan menjadi flora di ekosistem hutan tropis, hutan gugur, taiga, padang rumput, dan gurun.

1.    Hutan Tropis
Persebaran flora di hutan tropis terletak di antara 23o30’ LU sampai 23o30’ LS. Hutan tropis terletak di wilayah tersebut karena hanya di wilayah tersebutlah yang memiliki iklim tropis dan curah hujan yang tinggi. Wilayah tersebut meliputi sebagian Benua Asia, sebagian Benua Afrika, dan Benua Amerika bagian Selatan. Hutan tropis memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Hutan ini ditumbuhi oleh berbagai jenis spesies tumbuhan, baik berupa tumbuhan besar maupun tumbuhan-tumbuhan kecil.
Tumbuhan besar yang hidup di hutan tropis merupakan tumbuhan yang memiliki daun sangat lebat. Jarak antartumbuhan juga sangat rapat sehingga sinar matahari yang mencapai permukaan tanah sangat terbatas. Keterbatasan sinar matahari yang mencapai permukaan tanah menyebabkan bagian dasar hutan menjadi basah dan lembap. Tumbuhan-tumbuhan kecil yang hidup di hutan tropis adalah jenis liana dan epifit. Liana adalah tumbuhan yang tumbuhnya merambat, memiliki batang kayu yang panjang, dan berbentuk tidak lazim. Contoh tumbuhan liana adalah rotan. Tumbuhan epifit adalah tumbuhan yang hidupnya menumpang pada tumbuhan lain, namun tidak mengambil unsur hara secara langsung dari tumbuhan yang ditumpanginya tersebut. Contoh tumbuhan epifit adalah anggrek.

2.    Hutan Gugur
Persebaran flora di hutan gugur terletak di daerah iklim sedang, yaitu daerah di antara 400 – 66030lintang utara maupun lintang selatan. Daerah yang terdapat hutan gugur memiliki suhu rata-rata bulanan antara -20 C sampai 180 C dan curah hujan antara 750 – 1000 mm per tahun. Hutan gugur terdapat di Benua Asia bagian timur, Benua Amerika bagian utara, dan Benua Eropa. Flora yang terdapat di hutan gugur selalu menggugurkan daunnya menjelang musim dingin atau menjelang musim panas. Hal tersebut merupakan bentuk penyesuaian diri terhadap lingkungan. Flora yang terdapat di hutan gugur, di antaranya adalah tumbuhan maple, sepang, dan beck. Sebelum menggugurkan daunnya, daun tumbuhan-tumbuhan ini memiliki warna yang sangat indah, seperti warna oranye, hijau tua, merah, dan kuning.

3.    Taiga
Taiga adalah hutan yang ditumbuhi oleh tumbuhan berdaun jarum. Persebaran flora di taiga terletak di daerah yang memiliki iklim dingin (dekat dengan kutub). Taiga terdapat di belahan bumi bagian utara, meliputi Rusia, Kanada bagian tengah dan utara, serta Siberia bagian utara. Flora yang terdapat di taiga adalah jenis konifer (seperti pinus), di antaranya alder (alnus), birch (betula), spruce (picea), dan juniper (juniperus).

4.    Padang Rumput (Grassland)
Padang rumput adalah lahan yang didominasi oleh jenis tumbuhan rumput, semak belukar, dan kadang-kadang diselingi oleh jenis pohon lainnya. Persebaran flora di padang rumput terletak di daerah tropis dan di daerah subtropis. Padang rumput banyak tumbuh di daerah yang memiliki curah hujan antara 250 – 500 mm/tahun, namun terdapat juga padang rumput di daerah bercurah hujan mencapai 1.000 mm/tahun dengan intensitas hujan yang tidak teratur. Karena curah hujan yang relatif rendah dan ketersediaan air relatif sedikit, hanya tumbuhan jenis tertentu saja yang dapat melakukan adaptasi, misalnya jenis rumput dan semak.
Di daerah padang rumput, jenis rumput yang dapat tumbuh adalah jenis rumput pendek, seperti rumput buffalograsses dan rumput grama. Selain itu, terdapat juga padang rumput yang relatif basah di Benua Amerika bagian utara. Di padang rumput ini, rumput dapat tumbuh mencapai 3 meter. Jenis rumput itu adalah rumput bluestem dan indian grasses. Jenis-jenis padang rumput yang ada di dunia antara lain sebagai berikut.
a.    Tundra
Tundra terdapat di daerah dekat kutub utara dan kutub selatan. Tundra terdapat di sekitar Samudra Arktik, Greenland, dan di sekitar Antartika. Di tundra tidak terdapat tumbuhan yang dapat tumbuh selain jenis rumput dan lumut.

b.    Prairie
Prairie adalah padang rumput yang luas tanpa ditumbuhi pohon. Prairie terdapat di sebagian Amerika Serikat, Argentina, sebagian Australia, dan Hungaria. Rumput yang tumbuh di prairie lebih tinggi dibandingkan dengan rumput yang tumbuh di tundra.

c.    Sabana
Sabana adalah padang rumput berupa rumput-rumput tinggi diselingi semak belukar dan tumbuhan tinggi yang tumbuh menyebar, seperti palem dan akasia. Sabana terdapat di sebagian Benua Asia, Benua Australia, Benua Afrika, dan Benua Amerika bagian Selatan.

d.    Stepa
Stepa adalah padang rumput yang terdiri atas rumput-rumput pendek diselingi oleh semak belukar. Stepa terdapat di daerah yang memiliki curah hujan antara 250 – 500 mm/tahun dengan intensitas hujan yang tidak teratur. Stepa terdapat di Benua Australia, Benua Afrika, dan Benua Amerika.

5.    Gurun
Gurun merupakan hamparan pasir yang sangat luas, relatif tandus, dan kering. Daerah gurun merupakan daerah yang paling gersang di permukaan bumi. Gurun terdapat di daerah dengan curah hujan yang sangat rendah, hanya maksimal mencapai sekitar 250 mm/tahun. Suhu di gurun sangat panas saat siang hari karena panas matahari sangat terik dan penguapan sangat tinggi. Akan tetapi, saat malam hari gurun memiliki suhu yang relatif dingin. Jenis tumbuhan yang dapat bertahan hidup di gurun adalah jenis tumbuhan yang memiliki daun kecil atau bahkan tidak berdaun, memiliki akar panjang, dan memiliki batang yang dapat menyimpan air. Contoh tumbuhan khas gurun adalah kaktus.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya

Klasifikasi Sumber Daya Alam  Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya Bagaimanakah klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifat da...

Paling Banyak Dibaca