Wednesday, January 17, 2018

Wilayah Pesisir

Wilayah Pesisir
Sumber: https://static.pexels.com/photos/584302/pexels-photo-584302.jpeg
Apakah yang dimaksud dengan pesisir dan wilayah kepesisiran? Apakah perbedaan antara pantai dan gisik?
Pesisir adalah bagian laut paling tepi yang berbatasan dengan daratan. Wilayah pesisir memiliki sifat peralihan antara darat dan laut. Wilayah pesisir terletak di darat, membentang dari garis pasang tertinggi sampai batas dataran aluvial menuju ke arah darat. Pesisir tersusun oleh endapan material pasir, baik berupa beting gisik (dataran pasir) maupun gumuk pasir.

Pantai (shore) merupakan wilayah pertemuan antara darat dan laut. Luas cakupan wilayah pantai dapat diukur dari garis surut terendah (garis pantai) sampai garis pasang tertinggi (garis pesisir). Pantai sering disamakan dengan gisik (beach), padahal sebenarnya kedua hal tersebut berbeda. Pantai merupakan ruang wilayahnya, sedangkan gisik merupakan materialnya yang berupa pasir. Artinya, semua wilayah pertemuan antara darat dan laut disebut dengan pantai, baik wilayah tersebut berupa dataran pasir maupun tebing terjal. Dengan demikian, tidak semua pantai memiliki gisik, misalnya pantai dengan tebing terjal. Pantai berupa dataran landai yang memiliki material berupa pasir adalah pantai yang memiliki gisik.
Wilayah kepesisiran adalah suatu wilayah peralihan antara daratan dan lautan. Wilayah kepesisiran terdapat di darat dan di laut. Wilayah kepesisiran yang ada di darat merupakan daratan yang masih terkena pengaruh laut, seperti pasang surut, angin laut, dan intrusi air asin. Sementara itu, wilayah kepesisiran yang terdapat di laut adalah lautan yang masih merupakan bagian paparan benua (continental shelf), sebelum zona pecah gelombang. Wilayah ini juga terdapat pengaruh sedimentasi dari darat dan aliran air tawar. Dengan demikian, lautan yang terletak setelah zona pecah gelombang tidak dapat dikatakan sebagai wilayah kepesisiran. Wilayah kepesisiran yang membentang dari laut menuju ke darat berturut-turut terdiri atas zona pecah gelombang (breakers zone), pantai dan gisik (shore and beach), pesisir (coast), dan dataran aluvial pesisir (coastal aluvial plain).

1 comment:

Postingan Terbaru

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya

Klasifikasi Sumber Daya Alam  Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya Bagaimanakah klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifat da...

Paling Banyak Dibaca