Wednesday, January 17, 2018

Angin Gunung dan Angin Lembah

Angin Gunung dan Angin Lembah

Sumber: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/4f/Mountain_Breeze.jpg
Bagaimana proses terjadinya angin gunung dan angin lembah? Mengapa dapat terjadi angin gunung dan angin lembah?
Peristiwa terjadinya angin gunung dan angin lembah memiliki proses yang hampir sama dengan angin laut dan angin darat, yaitu disebabkan oleh adanya perbedaan suhu permukaan.


Puncak gunung memiliki sifat lebih cepat mendapatkan panas pada siang hari, namun lebih cepat kehilangan panas pada malam hari. Hal ini terjadi akibat faktor ketinggian tempat. Sebaliknya, lembah memiliki sifat lebih lambat mendapatkan panas pada siang hari, namun masih dapat mempertahankan panas pada malam hari. Ketika malam hari, lembah memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan dengan gunung. Dengan demikian, tekanan udara di lembah lebih rendah dibandingkan dengan tekanan udara di gunung. Terjadi pergerakan udara dari gunung menuju ke lembah yang disebut dengan angin gunung. Sementara itu, ketika siang hari, lembah memiliki suhu yang lebih rendah dibandingkan dengan gunung. Dengan demikian, tekanan udara di lembah lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan udara di gunung. Terjadi pergerakan udara dari lembah menuju ke gunung yang disebut dengan angin lembah.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya

Klasifikasi Sumber Daya Alam  Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya Bagaimanakah klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifat da...

Paling Banyak Dibaca