Thursday, January 4, 2018

Pengertian Atmosfer dan Fungsi Atmosfer

Pengertian Atmosfer dan Fungsi Atmosfer
Sumber: https://c1.staticflickr.com/5/4012/4542422892_71224f46c8_b.jpg
Apakah pengertian atmosfer? Apa saja fungsi atmosfer bagi kehidupan?
1.       Pengertian Atmosfer
Secara sederhana, atmosfer dapat didefinisikan sebagai lapisan udara berupa gas yang menyelimuti bumi. Istilah atmosfer berasal dari bahasa Yunani, yaitu atmos yang artinya uap dan sphaira berarti bulatan. Jadi, dapat dikatakan bahwa atmosfer adalah uap (gas) yang menyelimuti (membulati) permukaan bumi. Gas-gas yang membentuk atmosfer, antara lain nitrogen, oksigen, argon, karbon dioksida, hidrogen, helium, neon, ozon, metana, krypton, dan xenon. Nitrogen memiliki komposisi volume yang paling besar, yaitu sebesar 78,03%. Oksigen menempati posisi komposisi volume terbanyak kedua dengan 21%. Sementara itu, gas-gas lainnya memiliki volume yang sangat kecil.
2.       Fungsi Atmosfer
Atmosfer memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Tanpa oksigen di atmosfer, makhluk hidup tidak akan dapat bernafas. Atmosfer juga merupakan tempat berlangsungnya berbagai fenomena fisik, seperti angin, awan, dan hujan. Dalam kaitannya dengan alam semesta, atmosfer merupakan pelindung bumi dari ancaman benda-benda ruang angkasa. Dengan adanya atmosfer, maka benda-benda ruang angkasa tidak dapat menembus permukaan bumi. Kalaupun ada, itu hanya dalam ukuran yang relatif kecil dan tidak terlalu membahayakan kehidupan umat manusia. Atmosfer juga berfungsi untuk melindungi kehidupan di bumi dari pengaruh langsung sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kehidupan. Dalam kaitannya dengan aktivitas manusia, atmosfer berfungsi sebagai tempat berlangsungnya berbagai sarana transportasi udara. Selain itu,  atmosfer merupakan media rambat berbagai gelombang, baik gelombang satelit telekomunikasi maupun gelombang satelit pengamatan sumber daya. Begitu banyak fungsi penting atmosfer bagi kehidupan kita, bukan?

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya

Klasifikasi Sumber Daya Alam  Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya Bagaimanakah klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifat da...

Paling Banyak Dibaca