Wednesday, January 17, 2018

Angin Laut dan Angin Darat

Angin Laut dan Angin Darat
Sumber: https://pixabay.com/p-943485/?no_redirect
Bagaimana proses terjadinya angin laut dan angin darat? Mengapa dapat terjadi angin laut dan angin darat?
Angin laut dan angin darat terjadi akibat adanya perbedaan antara suhu permukaan laut dan suhu permukaan darat. Perbedaan suhu permukaan tersebut berakibat pada perbedaan suhu udara di atasnya. 

Permukaan darat adalah benda padat, sedangkan permukaan laut adalah benda cair. Benda padat memiliki sifat mudah menyerap panas, namun juga cepat melepaskannya. Sementara itu, benda cair memiliki sifat lambat dalam menyerap panas, namun juga lambat dalam melepaskannya. Ketika terjadi penyinaran matahari pada pagi hingga siang hari, permukaan darat lebih cepat panas dibandingkan dengan permukaan laut. Dengan demikian, tekanan udara di darat menjadi rendah, sedangkan tekanan udara di laut lebih tinggi. Terjadi pergerakan udara dari laut menuju ke darat yang disebut dengan angin laut. Angin laut bertiup mulai pagi hari hingga mencapai kekuatan maksimum pada tengah hari, kemudian melemah dan akhirnya berhenti pada sore hari. Ketika sudah tidak terjadi penyinaran matahari, permukaan darat sudah menjadi lebih dingin dibandingkan dengan permukaan laut. Dengan demikian, tekanan udara di darat menjadi tinggi, sedangkan tekanan udara di laut lebih rendah. Terjadi pergerakan udara dari darat menuju ke laut yang disebut dengan angin darat. Angin darat bertiup pada malam hari.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya

Klasifikasi Sumber Daya Alam  Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya Bagaimanakah klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifat da...

Paling Banyak Dibaca