Wednesday, January 17, 2018

Unsur Pembentuk Cuaca dan Iklim: Angin dan Hujan

Unsur Pembentuk Cuaca dan Iklim: Angin dan Hujan
Sumber: https://pixabay.com/p-164025/?no_redirect
Apakah yang dimaksud dengan angin dan hujan?
1.    Angin
Secara sederhana, angin diartikan sebagai udara yang bergerak. Angin dapat terjadi akibat adanya perbedaan tekanan udara antara suatu tempat dan tempat yang lainnya. Perbedaan tekanan tersebut menyebabkan pergerakan udara dari tempat dengan tekanan udara tinggi menuju ke tempat dengan tekanan udara yang lebih rendah, sesuai dengan hukum Buys Ballot. Alat untuk mengukur kecepatan angin adalah anemometer. Kecepatan angin dinyatakan dalam satuan knots. 1 knots sama dengan 1 mil laut per jam atau setara dengan 0,51 meter per detik. Kecepatan angin cenderung selalu berubah-ubah. 

2.    Hujan
Hujan adalah titik-titik air yang jatuh dari udara akibat adanya proses kondensasi (perubahan uap air menjadi zat cair). Hujan diukur dengan istilah curah hujan, yaitu banyaknya air hujan yang jatuh ke permukaan bumi dengan satuan milimeter per satuan waktu. Curah hujan dapat diketahui dengan menggunakan alat yang bernama penakar hujan. Berdasarkan proses terjadinya, hujan dapat dibedakan menjadi hujan zenithal, hujan frontal, dan hujan orografis.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya

Klasifikasi Sumber Daya Alam  Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya Bagaimanakah klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifat da...

Paling Banyak Dibaca