Wednesday, January 10, 2018

Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen

Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen

Sumber: https://pixabay.com/p-1790921/?no_redirect
Apakah yang dimaksud dengan tenaga endogen dan tenaga eksogen?
Panas dan tekanan dari dalam bumi menyebabkan terjadinya sirkulasi arus magma secara konveksi. Arus konveksi merupakan perpindahan panas disertai dengan perpindahan (pergerakan) materi magma di dalam bumi. Arus konveksi ini menghasilkan tenaga yang disebut sebagai tenaga endogen. Magma berusaha mencari celah keluar dengan menembus lapisan di atasnya yang lebih lunak. Penerobosan magma dari dalam perut bumi menuju permukaan bumi tersebut menghasilkan berbagai macam ketampakan di permukaan bumi. Berbagai macam ketampakan bentuk permukaan bumi disebut sebagai bentuklahan.
Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen dapat berupa tektonisme (diatropisme), vulkanisme, dan seisme (gempa). Terdapat dua jenis bentuklahan yang disebabkan oleh pengaruh tenaga endogen, yaitu bentuklahan vulkanik dan bentuklahan struktural.
Selain akibat pengaruh tenaga dari dalam bumi, bentuk permukaan bumi juga dipengaruhi oleh tenaga dari luar bumi yang disebut tenaga eksogen. Tenaga eksogen dapat berupa pelapukan, pengikisan, dan pengendapan. Tenaga tersebut berasal dari aktivitas air, angin, gelombang, arus laut, dan es. Bentuk permukaan bumi akibat tenaga eksogen dapat berupa bentuklahan denudasional, fluvial, marin, eolin, solusional, dan glasial.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya

Klasifikasi Sumber Daya Alam  Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya Bagaimanakah klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifat da...

Paling Banyak Dibaca