Wednesday, January 10, 2018

Batuan Metamorf

Batuan Metamorf

Apakah yang dimaksud dengan batuan metamorf? Apa saja jenis-jenisnya?
Sumber: https://pixabay.com/id/
batu-marmer-pola-2797782
Batuan metamorf atau batuan malihan adalah batuan yang terbentuk oleh adanya tekanan dan suhu yang tinggi di dalam permukaan bumi. Tekanan tinggi dapat timbul akibat beban massa batuan yang ada di atasnya dan akibat gerak tektonik lempeng. Sementara itu, suhu tinggi dapat timbul akibat adanya penyusupan magma ke dalam kerak bumi, tempat di mana batuan metamorf terbentuk. Metamorfisme berlangsung melalui proses kristalisasi dan pembentukan mineral baru pada lingkungan yang sangat khas (tidak terjadi di setiap tempat).
Metamorfisme juga dapat dipengaruhi oleh cairan atau fluida. Adanya cairan H2O di antara pori-pori batuan yang mengandung ion terlarut dapat mempercepat proses metamorfisme. Materi batuan metamorf dapat berasal dari batuan beku maupun batuan sedimen, kemudian mengalami perubahan fisik dan kimia. Dengan demikian, meskipun ada unsur kesamaan dengan batuan asal, batuan metamorf sudah memiliki sifat yang berbeda dengan batuan asalnya. Batuan metamorf memiliki sifat cenderung lebih kompak daripada batuan asalnya serta memiliki struktur dan kandungan mineral yang baru. Contoh batuan metamorf adalah batuan genes, marmer, sekis, dan kuarsit.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya

Klasifikasi Sumber Daya Alam  Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya Bagaimanakah klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifat da...

Paling Banyak Dibaca