Monday, January 8, 2018

Komponen-Komponen Biosfer

Komponen-Komponen Biosfer

Sumber: https://pixabay.com/p-1524488/?no_redirect
Apa yang dimaksud dengan individu, populasi, habitat, relung, komunitas, dan ekosistem?
Biosfer merupakan suatu sistem kehidupan yang terdiri atas komponen-komponen yang lebih kecil sebagai penyusunnya. Komponen-komponen penyusun biosfer adalah individu dan populasi, habitat dan relung, komunitas, serta ekosistem.

1.    Individu dan Populasi
Individu merupakan organisme yang berdiri sendiri sebagai anggota biosfer yang paling kecil. Istilah individu berasal dari bahasa Latin, yaitu in dan dividus. In berarti tidak dan dividus berarti dapat dibagi. Individu merupakan komponen penyusun biosfer yang paling rendah tingkatannya sehingga tidak dapat dibagi lagi. Contoh individu adalah seekor burung di antara kelompoknya dan sebatang pohon di antara sekumpulan pohon.
Populasi adalah sekumpulan organisme yang memiliki ciri sama dan menempati suatu tempat tertentu. Istilah populasi berasal dari bahasa Latin, yaitu populus yang artinya penduduk. Populasi berarti kumpulan individu-individu yang sejenis. Populasi menempati tempat tertentu dan memiliki karakteristik unik kelompok, bukan lagi karakteristik secara individu. Populasi juga tidak dapat terlepas dari batasan tempat dan waktu. Contoh populasi, misalnya sekumpulan kuda di Sumbawa tahun 2012, sekumpulan pohon karet di perkebunan Provinsi Lampung tahun 2014.

2.    Habitat dan Relung
Habitat adalah tempat hidup suatu makhluk hidup. Habitat merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan makhluk hidup. Setiap jenis makhluk hidup memiliki habitat masing-masing sesuai dengan kondisi untuk keberlangsungan hidupnya. Habitat suatu makhluk hidup dapat juga berpindah akibat adanya gangguan terhadap makhluk hidup  tersebut. Makhluk hidup akan mencari tempat hidup baru sesuai dengan kebutuhannya untuk dapat terus bertahan hidup. Contoh habitat adalah kutub untuk hewan penguin dan laut untuk lumba-lumba.
Relung atau niche adalah cara hidup suatu makhluk hidup di habitatnya. Contoh relung, misalnya burung memakan biji, burung memakan buah, atau burung memakan serangga. Relung dapat bersifat umum dan dapat pula bersifat spesifik. Relung yang bersifat umum misalnya cara hidup manusia memakan banyak jenis makanan, disebut dengan polifag. Sementara itu, contoh relung yang bersifat spesifik adalah cara hidup burung yang memakan beberapa jenis makanan (oligofag) atau hanya satu jenis makanan (monofag).

3.    Komunitas dan Ekosistem
Komunitas adalah berbagai macam populasi yang hidup secara bersama-sama di suatu tempat. Dalam komunitas terdapat beberapa atau banyak jenis populasi yang saling berinteraksi. Sementara itu, ekosistem adalah sekumpulan komunitas flora maupun fauna yang saling berinteraksi di dalam suatu habitat. Ekosistem disusun oleh komunitas-komunitas yang saling berinteraksi, baik dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya. Ekosistem merupakan komponen biosfer yang paling tinggi tingkatannya. Ekosistem tidak hanya mencakup satu jenis makhluk hidup tertentu saja, tetapi berbagai macam jenis. Dalam suatu ekosistem terjadi perpindahan energi melalui siklus makan dan dimakan antarmakhluk hidup, disebut sebagai rantai makanan. Contoh ekosistem, misalnya ekosistem sawah, ekosistem hutan, ekosistem pantai, dan ekosistem laut.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya

Klasifikasi Sumber Daya Alam  Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya Bagaimanakah klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifat da...

Paling Banyak Dibaca