Wednesday, January 17, 2018

Angin Fohn

Angin Fohn
Sumber: https://pixabay.com/p-241350/?no_redirect
Bagaimana proses terjadinya angin fohn? Apa saja macam-macam angin fohn yang ada di Indonesia?
Istilah fohn awalnya digunakan untuk memberi nama angin selatan dengan sifat panas dan kering yang bertiup menuruni lereng utara Pegunungan Alpen. Oleh karena peristiwa ini juga terjadi di tempat lainnya, maka istilah angin fohn digunakan untuk memberi nama angin di seluruh dunia yang bersifat panas dan kering di daerah pegunungan. 

Masing-masing daerah memiliki nama angin fohn tersendiri. Angin Bahorok di Deli (Sumatra Utara), angin Kumbang di Cirebon dan Tegal, angin Wambrau di Papua, angin Gending di Pasuruan, serta angin Brubu di Sulawesi Selatan. Angin fohn terjadi karena angin bertemu dengan lereng pegunungan sehingga angin bergerak naik menyusuri lereng. Dalam pergerakan naik ini angin mengalami proses pendinginan sehingga pada ketinggian tertentu mengalami kondensasi (perubahan uap air menjadi zat cair), kemudian menjadi hujan sebelum mencapai puncak pegunungan. Akibatnya, angin yang telah melewati puncak pegunungan tersebut harus bergerak turun kembali menyusuri lereng di balik pegunungan dengan membawa sifat yang panas dan kering.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya

Klasifikasi Sumber Daya Alam  Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya Bagaimanakah klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifat da...

Paling Banyak Dibaca