Thursday, December 28, 2017

Pengertian Ilmu Geografi

Pengertian Ilmu Geografi

Apakah pengertian ilmu geografi?
Sebelum mengenal lebih jauh tentang berbagai hal dalam ilmu geografi, ada baiknya kamu harus memahami pengertian ilmu geografi terlebih dahulu. Agar lebih membantu pemahamanmu, perhatikan ilustrasi berikut ini dengan saksama.
Sumber: https://www.goodfreephotos.com/albums/brazil/salvador/coastline-cityscape-and-landscape-of-salvador-brazil.jpg


    Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kamu telah mengenal berbagai macam bencana alam. Apa yang muncul dalam pikiranmu saat berbagai daerah di dunia mengalami bencana alam? Apakah kamu pernah memikirkan penyebab dari bencana alam tersebut? Selain itu, pernahkah kamu bertanya-tanya dalam pikiranmu tentang proses terjadinya suatu bencana alam? Jika kamu pernah memikirkan hal-hal tersebut, berarti kamu telah berupaya untuk memahami sebagian kecil dari ilmu geografi. 

Setelah memperhatikan ilustrasi tersebut, menurut pemahamanmu, apakah pengertian ilmu geografi? Tentu saja banyak pendapat tentang pengertian ilmu geografi. Menurut asal katanya, istilah geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo yang artinya bumi dan graphein yang berarti tulisan atau lukisan. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari segala sesuatu di permukaan bumi, baik tanah, batuan, air, atmosfer, flora fauna, maupun manusia.
Sumber: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/78/
Eratosthenes%2C_Nordisk_familjebok.png

Bagaimana asal mula ilmu geografi?
Pada zaman dahulu (sekitar tahun 640 – 546 SM), Thales mulai mempelajari bumi dan segala isinya. Langkah Thales ini diikuti oleh orang Yunani lainnya. Pada sekitar tahun 485 – 425 SM, Herodotus membuat laporan tentang kondisi sekitar wilayah Timur Tengah. Sementara itu, Phytheas juga mulai melakukan pengukuran jarak Matahari terhadap Bumi. Selain tokoh-tokoh tersebut, tokoh yang paling dikenal adalah Eratosthenes (276 – 194 SM). Ia mampu menghitung keliling Bumi hanya berselisih kurang dari 1% keliling Bumi yang sebenarnya.
Dalam kaitannya dengan istilah geografi, Eratosthenes menggunakan gabungan kata geo yang berarti bumi dan graphika/graphein yang berarti tulisan atau lukisan. Jadi, secara harafiah geografi adalah suatu ilmu yang menggambarkan tentang bumi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ilmu geografi mempelajari fenomena yang ada di bumi secara keseluruhan yang meliputi aspek fisik dan aspek manusia dengan memperhatikan hubungan antara ruang satu dan ruang yang lain.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terbaru

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya

Klasifikasi Sumber Daya Alam  Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya Bagaimanakah klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifat da...

Paling Banyak Dibaca