Thursday, December 28, 2017

Keistimewaan Planet Bumi sebagai Tempat Kita Hidup

Keistimewaan Planet Bumi sebagai Tempat Kita Hidup

Mengapa Bumi disebut sebagai planet yang istimewa? Apa saja yang dimiliki oleh Bumi sehingga kita dapat bertahan hidup?
Sumber: https://c1.staticflickr.com/6/
5228/5679642883_24a2e905e0_b.jpg
Bumi merupakan satu-satunya planet yang telah terbukti terdapat kehidupan. Hal ini disebabkan karena di Bumi terdapat air sebagai komponen utama pendukung kehidupan. Selain itu, atmosfer Bumi memiliki komposisi yang sesuai untuk kehidupan dan mampu melindungi Bumi dari benda-benda langit yang akan jatuh. Jarak antara Bumi dan Matahari tidak terlalu dekat maupun tidak terlalu jauh sehingga suhu di Bumi tidak terlalu panas maupun terlalu dingin. Tidak hanya itu, di Bumi juga terdapat banyak sumber daya alam yang berperan bagi kelangsungan hidup, terutama bagi manusia.
Di Bumi dapat dijumpai manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme yang hidup secara berdampingan. Setiap makhluk hidup dapat terus bertahan hidup dan berkembang biak. Hal-hal tersebut dapat terjadi karena Bumi memenuhi persyaratan sebagai tempat hidup untuk makhluk hidup. Persyaratan tersebut antara lain sebagai berikut.

1.    Suhu
Bumi adalah satu-satunya planet di antara planet-planet lain dalam sistem tata surya yang memiliki suhu paling ideal untuk kehidupan. Dalam sistem tata surya, semua planet bergerak mengelilingi Matahari berdasarkan posisi dan orbitnya masing-masing. Dalam pergerakan tersebut, Bumi tidak terlalu terpengaruh oleh suhu Matahari secara ekstrem. Matahari memancarkan energi yang sangat besar dengan suhu yang sangat panas. Semakin dekat jarak suatu planet dengan Matahari, maka semakin besar pula panas yang akan diterima. Untung saja, Bumi bukan Merkurius, yaitu planet terdekat dengan Matahari yang memiliki suhu permukaan kurang lebih sebesar 247° C. Sebagai perbandingan, suhu air mendidih sebesar 100° C saja dapat membuat kulit kita melepuh. Beruntung juga bahwa Bumi bukan Neptunus, yaitu planet terjauh dari Matahari yang memiliki suhu permukaan kurang lebih sebesar -210° C. Sebagai perbandingan, dalam suhu 0°C saja air sudah membeku menjadi es, tentu akan sangat dingin bagi tubuh manusia. Jarak Bumi terhadap Matahari sangat ideal, artinya tidak terlalu jauh dan tidak juga terlalu dekat. Apabila jarak Bumi terhadap Matahari terlalu dekat, kita akan terbakar. Sebaliknya apabila jarak Bumi terhadap Matahari terlalu jauh, kita akan membeku.

2.    Atmosfer dan Udara
Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelimuti Bumi. Atmosfer membentang dari permukaan Bumi sampai jauh ke ruang angkasa. Atmosfer Bumi terdapat pada ketinggian 0 km di atas permukaan Bumi sampai kurang lebih 300 km dari atas permukaan Bumi. Atmosfer Bumi terdiri atas beberapa lapisan, setiap lapisan memiliki fungsi masing-masing. Fungsi tersebut di antaranya sebagai tempat terjadinya siklus air, melindungi Bumi dari pengaruh langsung sinar ultraviolet, dan melindungi Bumi dari benda-benda ruang angkasa. Atmosfer Bumi terdiri atas gas nitrogen, oksigen, argon dan gas sejenisnya, serta karbon dioksida. Keberadaan oksigen sebagai udara untuk bernapas inilah yang paling penting untuk kehidupan makhluk hidup.

3.    Air
Air adalah benda cair yang sangat penting bagi makhluk hidup. Air sangat dibutuhkan dalam jumlah yang cukup serta dalam kondisi yang baik untuk memenuhi setiap kebutuhan makhluk hidup di Bumi. Sejauh penelitian para ilmuwan sampai saat ini, hanya Bumilah satu-satunya planet yang benar-benar dapat dipastikan terdapat air. Permukaan Bumi sebagian besar terdiri atas air, terutama air laut. Hal inilah yang menyebabkan Bumi berwarna biru apabila dilihat dari luar angkasa. Meskipun hanya sekitar 3% saja air yang bersifat tawar, jumlah tersebut masih terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup di Bumi.

4.    Sumber Makanan
Secara alami, Bumi dapat menyediakan berbagai kebutuhan makanan bagi makhluk hidup. Bermacam-macam tanaman dapat menghasilkan buah-buahan, sayur-sayuran, umbi-umbian, dan biji-bijian sebagai sumber makanan bagi manusia maupun hewan. Dari sumber makanan tersebut, manusia mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara itu, bagi tumbuh-tumbuhan Bumi menyediakan unsur-unsur hara di dalam tanah untuk mendukung pertumbuhan. Berbagai proses alami yang sudah berjalan tersebut akan dapat terus berjalan selama manusia dapat menjaga keseimbangan alam.

Setelah kita mempelajari Bumi sebagai satu-satunya planet yang terdapat kehidupan, sudah selayaknya kita selalu bersyukur atas semua yang telah Tuhan berikan kepada kita. Sebagai wujud rasa syukur kita atas karunia Tuhan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga kelestarian lingkungan. Apabila kita terus menjaga kelestarian lingkungan, maka kelangsungan hidup manusia dan makhluk lainnya akan terjamin. Lingkungan yang lestari sangat penting bagi kelangsungan hidup generasi yang akan datang.

1 comment:

Postingan Terbaru

Klasifikasi Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya

Klasifikasi Sumber Daya Alam  Berdasarkan Sifat dan Proses Pemulihannya Bagaimanakah klasifikasi sumber daya alam berdasarkan sifat da...

Paling Banyak Dibaca